Si Cantik “Pauli” yang Bikin Pusing!

Cuma bisa berkata, akhirnya gugur juga… Yah, dinikmati saja prosesnya, hehehe. Setelah serangkaian tes psikologi yang saya alami 2 hari berturut-turut, kamarin dan hari ini, akhirnya harus tersingkir dari seleksi masuk sebuah perusahaan pertambangan ternama. Mungkin memang belum rezekinya🙂

Kembali ke judul!!! Si cantik Pauli yang saya maksud bukan yang ada di gambar itu (yang di atas), tapi tes psikologi yang gambarnya ada di bawah😀. Suatu tes yang sepertinya buat anak SD, bukan untuk tingkatan sarjana yang akan mencari kerjaan. Tes tambah-tambahan yang hanya melibatkan angka satu digit saja, benar-benar matematikanya adek saya yang sekarang masih SD. Tapi jangan salah, tes ini cukup bikin pusing, apalagi kalau pakek grogi, bisa salah semua waktu ngerjain itung-itungan ringan ini. Yang sudah pernah ikutan tes macam ini pasti pada paham.

Khusus buat kasus saya hari ini, tingkat ke-pusing-an saya waktu ngerjain pauli ini cukup parah. Berawal dari begadang sampai pagi karena ada kerjaan yang harus selesai esok hari, ditambah gak sempet sarapan pagi dan waktu berangkat ke tempat tes pakek kehujanan pula, ditambah lagi di ruang tesnya AC ada di depan kepala,…manstab!!! Hasilnya, setelah serangkaian tes yang dimulai pukul 8.30 sampai si Pauli muncul di jam 10.00 perut sudah memberontak dan mata juga sudah berat untuk terus terbuka. Dengan kondisi begitu tentunya sudah gak bakalan bisa konsen lagi ngerjain tes…wis pokoknya sekenanya aja, desperate sudah, hehehe😀

Saat si Pauli muncul dengan lembar 3A-nya dan dengan angka lucunya yang berderet-deret, keren sekali. Sambil tersenyum akhirnya saya mulai saja ngerjain. Satu deret, dua deret, tiga deret, … dua puluh deret,…mata sudah mulai gak beres, pemberontakan di perut makin menjadi-jadi dan otakpun rasanya sudah buntu. Sampai-sampai sempet nulis huruf dengan tak sengaja alias sambil sliyat-sliyut menahan ngantuk, mungkin saja waktu itu sudah sejenak terlelap…:)

Semakin ganasnya peserta di kanan-kiri saya mengerjakan deretan angka unik pauli ternyata tidak memacu semangat saya sama sekali, padahal biasanya kalau dalam situasi begini ego gak mau kalah sering bisa membantu konsentrasi dan nambahin semangat. Tapi khusus untuk hari ini nyatanya si Ego sudah tidur dan sulut dibangunkan!

Waktu gak terasa, masih dengan perasaan gembira bosen tiada tara, si pauli diakhiri dengan perintah “garis,dan selesai, letakkan semua alat tulis anda”, pengawas tes memberi aba-aba untuk mengakhiri penderitaan saya hari ini.

Berakhir penderitaan, secepatnya saya menuju warung terdekat untuk menuruti perintah para pemberontak di perut. Sambil menunggu hasil ujian yang akan disampaikan jam 12.30 setelah tes itu. Sebenarnya tanpa harus menunggu hasil tes saya sudah tau hasilnya kayak apa, atau lebih tepatnya sudah bisa diduga. Dengan cara mengerjakan tes macam hari ini, hanya keajaiban yang bisa menyelamatkan.

Dengan tingkat optimisme tinggal 10% saya sempatkan melihat hasil tes dengan teman saya yang kebetulan adalah salah seorang dari peserta ganas di sebelah saya waktu ngerjain pauli tadi. Temen saya ini agaknya sangat optimis dengan kerjaanya, saya suka itu, salut dah🙂.

HASILNYA-pun akhirnya diumumkan,  dan seperti tebakan saya tadi, itulah nasib saya hari ini. Yah, ndak perlu terlalu kecewa. Minimal dengan ini saya dapat pengalaman menarik dengan si Pauli dan temen-temennya, berbagai macam tes psikologi.

Yang cukup tragis adalah temen saya yang optimistis tadi, dia juga berakhir menemani saya pulang dan tidak dapat melanjutkan ke tahap tes selanjutnya…dia gagal. Maaf bro, mungkin ini bukan rezeki kita.😦

Siapa sebenarnya Si Pauli ini, karena saya penasaran akhirnya saya coba browsing di internet. Dan ini hasilnya adalah,

Test Pauli merupakan test penjumlahan vertical yang menghitung urut dari bagian atas ke bawah. Dalam pengerjaannya, Angka hasil penjumlahan di letakkan diantara angka yang di jumlahkan. Dalam pengerjaannya, apabila ditemukan penjumlahan yang hasilnya puluhan maka di tulis satuannya saja. Apabila penjumlahan dalam satu kolom/baris sudah selesai maka pindah ke kolom/baris di sebelahnya, penjumlahan dimulai dari atas ke bawah lagi (jadi tidak di tambah dengan angka paling bawah pada kolom/baris sebelumnya). Kerjakan test ini dengan teliti dan jangan sampai ada satu angka terlewati.

Dan agar sukses kayaknya harus menerapkan beberapa tips berikut (dapet dari browsing juga🙂 )

  1. Test ini biasanya menggunakan aba-aba garis yang diberikan berdasarkan waktu tertentu (jadi jika saat test berjalan maka pada tiap-tiap waktu tertentu aba-aba tesebut di beritahu oleh pengawas test, sehingga kita memberikan garis di bawah jawaban kita. Lihat gambar) ini yang nantinya aka jadi hasil evaluasi berapa banyak jumlah perhitungan yang dapat kita selesaikan tiap-tiap waktunya. Jadi usahakan setiap selesai aba-aba garis kita bisa menjumlahkan lebih banyak dan cepat lagi. Agar jika dibuat grafiknya perhitungan kita meningkat terhadap bukan malah turun.
  2. Terus berlatih, karena test ini memerlukan waktu yang lama dengan jumlah perhitungan yang banyak (biasanya 1 lembar kertas A3 )
  3. Bukan cepat dan banyak hitungan yang diperlukan, tapi ketelitian dan usahakan jumlah hitungan kita meningkat bukan melambat. Karena disini dilihat kemampuan kita apakah cukup berkembang atau tidak.

Okey bro, semoga bermanfaat🙂

13 thoughts on “Si Cantik “Pauli” yang Bikin Pusing!

  1. dulu aku pernah ikutan…pas tes masuk bca pusat..hrd-nya bilang tes koran *coz kertasnya segede koran isinya cuman angka..heheee..alhamdulillah lulus seh…tapi gagal pas interview terakhir….huft..kalo bukan rejeki emang nasi udah disendok aja tumpah..😀

    1. ya bgitulah, emang belum rezekinya🙂 …, kapan2 coba lagi ah..
      kertasnya emang segede koran, maklum A3…untung gak A1 kayak tugas gambarku dulu..hehehe

  2. Hha😀 bener2 , , , gila emg si pauli, w bener2 kaget . . Ngerjain.A!
    Keliatan.A si sepele’ . Tapi bener2 sob. . Ni soal gak bsa dianggap remeh!
    Leher n tangan gw bener2 kramm.
    Huff😦 gagal total jd.A!
    Tp kalo w ktemu soal ne lg w yakin pasti bsaaaa!
    Yesa a a a a . . .

Leave a Reply

