Lowongan di “Company Confidential”?

Pernahkah ketemu dengan istilah company confidential ? Yang terbiasa mencari lowongan pekerjaan melalui media internet pasti pernah menemukan hal semacam ini. Saya awalnya gak paham, kok bisa-bisanya nama perusahaan confidential alias rahasia? Setelah tanya ke Mbah Gugel, ternyata confidential itu bukanlah nama perusahaannya, tetapi nama samaran yang dipakai untuk mendeskripsikan perusahaan sebagaiย anonymous company.

Sekarang yang jadi pertanyaan, kenapa perusahaan memilih untuk merahasiakan namanya?

the company confidential
contoh lowongan di conpany confidential (sumber: jobstreet.co.id)

Dan jawaban dari kerahasiaan perusahaan ini ternyata adalah sebagai berikut:

  1. Perusahaan tidak ingin kerepotan dengan telepon yang menanyakan tentang lowongan yang ia berikan.
  2. Perusahaan khawatir jika namanya dicantumkan, maka akan banyak pelamar yang mencari tau tentang kriteria pelamar yang “disenangi” perusahaan, sehingga para pelamar akan cenderung melebih-lebihkan CV dan Surat Lamarannya untuk dapat memenuhi kriteria perusahaan.

Buat Saya, terus terang ada keraguan untuk mendaftar di iklan lowongan seperti ini. Selain kita tidak tau perusahaan apa itu, yang lebih penting menurut saya adalah lowongan semacam ini rawan penipuan! Rasanya kok seperti kita mau membeli kucing dalam karung? Tapi, karena penasaran, saya apply juga pada akhirnya. Saya mau tahu, seperti apa nanti proses selanjutnya. Kalau ada bau-bau gak sedap, maksudnya berbau penipuan gitu lah, saya sudah siap-siap untuk withdraw dari lamaran itu. Hwehehehehe.

Sudah adakah dari pembaca yang melamar di “company confidential” seperti ini? Kalau boleh, saya ingin tahu kisah kamu…๐Ÿ˜€

Buat para jobseekers, selamat melamar kerjaan. Don’t give up Bro!

sumber : http://www.freekoo.com/job-search-tips/443-Company-Confidential.html

67 thoughts on “Lowongan di “Company Confidential”?

    1. hwehehehe, yo jo sampek lah lek trafficking!!! iku aku juga cuman nyoba,..eh ternyata..gak enek balesan juga, eruh2 app-ne wis ditutup??? ancen ra jelas blas, GEJE…aku nulis iki tujuane sharing, menowo enek sing nduwe pengalaman soal ngene juga, kan iso bagi2,๐Ÿ˜€

      1. bukan hanya company confidential aja mas, tapi yang ada judulnya juga sama. belom dapet panggilan, padahal udah 1 bulan lebih.

    1. hahaha, sepertinya banyak yang bilang company confidential ini memang gak jelas mas,… mending mas tinggalin aja, cari yang pasti2 aja. Oya, satu2nya lowongan dari internet yang menurut saya jelas (karena saya pernah berhasil dipanggil untuk tes) adalah ini: http://jobs.experd.com/
      Dari cerita temen2 di kantor saya sekarang, ternyata juga banyak yang nyari kerja lewat situ, selamat mencoba๐Ÿ™‚

  1. sorry numpang nimbrung nech…nama saya irie,saya sudah apply lama ke ntu prusahaan…bsk tgl 8sept2011 saya diminta interview untuk datang ke Gdg. W** Lt.XX Dgn Seorang Konsultan Brnama Ms.X…. dan ms.X ini adalah orang bule(luar negri) gw tau karna gw cba search profil ni cwe bule di Facebook(FB)…gw dach cba search ke seluruh website tp gag da satupun ane temuin ntu profile prusahaan…tp klo ane liat dari nama perusahaan konsultan yg manggil gw buat interview diconfidential company ini adalah prusahaan konsultan yg dapat diprcaya..bahkan klo diliat dr member2 connection nya…ntu koneksinya adalah perusahaan2 besar…
    klo da org medan tau sumut yg msih stay disna…ada yg tau gag perusahaan kimia pa yg ada di daerah sumatra utara??terutama perusahaan multinasional???pliss…advice y…Tx

      1. JobsDB….Jobstreet….JobLoker…Bursakerja…..Brengsek semua….Gak ada yg betol…..!!!!!
        1500 lamaran dimasukin…….1 pun tidak ada yg memanggil…..!!!!
        Dasar situs2 SAMPAH.

      2. hutink : berarti lw kurang pengalaman n kualitas lw rendah.
        sejauh ini gw paling banyak diterima dari jobstreet. jobsdb cuman sedikit. makanya banyakin pengalaman n kualitas diri lw di pertingkat semaksimal mungkin. -___-“

      3. komen lu nusuk banget bro๐Ÿ™‚, eh tapi kalau kitanya fressgraduated gmana tuh? pengalaman jelas belum ada…?
        atau mungkin maksut lu, CV sama app letter kita yang musti di”percantik”, tanpa harus berbohong tentunya. Banyak panduan di internet yang bisa dipakai untuk memaksimalkan CV, biar lebih menohok gitulah pokoknya.๐Ÿ™‚

  2. semakin banyak pengangguran jaman sekarang…
    lowongan memang semakin banyak, tetapi tidak imbang dengan jumlah pengangguran di nerheri kita…
    bukti pemeringtah kurang becus memberantas pengangguran di negeri kita….

    1. setuju banget dengan mas Andi. Selain masalah di pemerintahan, masalah ketidak mampuan kita buat nyiptain lapangan pekerjaan sendiri juga bisa dikatakan sebagai penyebabnya. Ini waktunya enterpreneur muda buat nunjukin kreasi,๐Ÿ˜€

  3. pintar2 memilih perusahaanlah untuk di apply. jangan salahin web jobstreet dan jobsDB. Panggilan lumayan banyak tapi ga lolos,hehe
    Buktinya gw udah 2 kali dapet kerja dari web itu dan

  4. saya pernah mendaftar dan saya di panggil di MNC yg di bandung >_< tapi ga saya ambil abisnya saya dah dapet yg lbh baik hehehe

    1. Agan Basdyes, selamat udah dapet yang lebih baik. Btw, kalau boleh tahu, sumber dapetnya yang lebih baik itu berawal dari web lowongan kerjaan atau dari sumber yang lain?

    1. Hai Ayu, makasih juga share link lokernya, semoga bisa bermanfaat buat temen-temen yang lagi jadi jobseeker,๐Ÿ™‚
      oh ya, coba juga lihat loker di kaskus: HOME / CASCISCUS / BUSINESS BOARD / Lowongan Kerja

  5. Oh, baru tau setelah baca blog ini maksud nya dr company confidential itu. saya juga sudah pernah apply ke salah satu company confidential posisi admin lewat jobstreet tapi sampai sekarang belum dipanggil, lewat jobstreet saya sudah pernah di panggil 1x untuk tes oleh perusahaan kredit plus.

    1. Company confidential emang gak jelas kok, jadi mending jangan terlalu berharap dapet panggilan dari situ,๐Ÿ™‚
      Sebenarnya, kalau soal web loker, sebaiknya apply aja sebanyak-banyaknya. Toh itu kan gratis, dan gak ada larangan untuk apply banyak, jadi manfaatkan saja setiap peluang yang ada๐Ÿ˜€

  6. aku baru kemaren dapet panggilan intvw dr perusahaan yg aku ga ingat pernah ngelamar ke situ.. Trnyt setelah dicek-cek lg,,alamatnya sama ama alamat dr invitationnya company confidential itu..kalo dipanggil intvw tar selain di kasih tau ama perusahaannya langsung,yg si company confidential’nya itu jg bakal kirim invitation lewat jobstreet (aku lewat jobstreet apply nya).. Aku dah cek nama perusahaannya lewat web dan tnyt itu perusahaannya riil..jd ga boongan jg.. Jd mungkin ga semuanya jelek jg.. Lewat jobstreet aku jg udah pernah kepanggil bbrp x.. Jd ya untung2an jg sih,,tp yg pasti web’nya itu beneran bisa diandalkan kok buat nyari kerjaan… Sabar2 aja ya teman…saran aku sih kalian lamarnya yg baru2 gt,,jgn postingan yg udah lama,,krn bisa jd selang bbrp hr sesudah nge’post, perusahannya langsung ngadain psikotest bareng2 gt..jd yg lamar sesudah jdwl psikotest itu udah ga kepanggil lg..

    1. Lin, saran kamu manteb, semoga bisa jadi referensi juga buat temen-temen yang masih penasaran dengan “company confidential”,
      selamat atas panggilan interviewnya ya, semoga sukses,๐Ÿ˜€

  7. Pernah ada yang ngasih tau, kalo nge-apply dr web2 penyedia lowongan kerja, kalo sekali qta ndak dateng nanti nama kita di ‘blacklist’ dr perusahaan. Bs sampai setahun.
    Bener gak sih tuh? mgkn ada yg tau.
    Dan apapun yg terjadi, tetep usaha, tp bkn berarti qta nge-ply semua tanpa kalo emg niat pasti ada jalan๐Ÿ™‚ Tp aku setuju sih sm yg namanya entrepeneur muda ituh he he…kita perlu kreatip dan berani skrg2 ini๐Ÿ˜€

    1. NCY, mau diblacklist atau tidak, toh perusahaan kan ngiklanin kerjaan biasanya juga setahun sekali, jadi kenapa harus takut diblacklist?๐Ÿ™‚
      kalau menurutku sih apply aja, asal jangan membabi buta, pastikan yang kita apply itu perusahaan yang memang kita pingin masuk situ.

  8. numpang komen…berdasarkan pengalaman aku selama ini apply job dr jobstreet dan jobsdb, dan syukurnya aku sekarang udah kerja. bahkan ketika masih kerjapun aku masih banyak dapat pannggilan interview dan psikotest. mungkin bukan masalah linknya…bisa jadi teman teman belum mengisi semua data (ketika di awal kita register) yang ada di link tersebut dengan benar sehingga data temen tidak terbaca dg jelas disana. temen2 aku juga udah banyak dpt panggilan kerja dr link tersebut. atau juga ada kemungkinan teman2 apply pekerjaan yg sudah expired(bisa jadi waktu apply lupa lihat tanggal) …. ttp keep spirit tmn2 smw…..

  9. saya baru aja dapet panggilan iview company convidential
    membingungkan jg yaa.. bkin ragu nich
    takut dluan jadi nyaa
    semoga memang perusahaan keren yaa di balik nama company convidential nya
    aamiin
    makasih info nya๐Ÿ™‚

  10. Ehhm hri ini q dpt 2 panggilan,, yg 1 brupa email invitation interview dr jobstreet, prushaanya yg. Aq apply wktu itu company confidential,tp pas dkirim email panggilan test, dksh tw nm prsahaanya. Thx udh tw apa itu confidential company. Slain itu dpt pnggilan jg by phone dr prshaan lain, dan seeingat sy,smuany apply dr jobstreet,, cm bngung ngdtenginya, dsaat wkt krja trus. Sulit,,pgn cri yg lbih baik, tp ssh jg bgi wktu

    1. Dethie_jadi gimana hasilnya?๐Ÿ˜€
      Kalau masalah waktu test, saya kadang “galau” juga untuk datang apa gak, tapi kalau dipikir-pikir berkorban dikit gak papa kan, demi dapetin yang lebih baik dan lebih sesuai keinginan,๐Ÿ™‚

  11. Kalau saran saya sih, klo cari kerjaan dari website, apply resumeny jng di apply lewat website itu begitu aja, Misal di apply lewat jobstreet.. Lebih baik cari yang perusahaannya mencantumkan email.. Kirim lewat email masing-masing… Atau lebih bagus dateng ke perusahaannya… hehe

    1. Hadzmoe_ yup bener juga sih, saya juga lebih suka email langsung ke perusahaanya. Kebanyakan lowongan baik di jobstreet, jobsDB, dan website-website sejenis akan selalu mencantumkan email perusahaan penyedia lowongan,๐Ÿ™‚

  12. info buat teman2.. klo ada yg manggil dr perusahaan dengan nama global jgn diambil ya. gw aja ketipu. 2x malah haha.. itu penipuan dan disuruh bayar pula.. dy dbawah PT Mitra Usaha Global gt
    . dan cabang nya ada dimana2..

  13. Gan. Klo ane sih pernah dipanggil ama ntu company confidential. Udh 4 bulan br dipanggil. Pas gw tya perusahaannya dibidang apa ? Eh dijawab perusahaan outsourcing. Nah loh…. Gmn ?

  14. Saya juga sebulan lalu apply di jobstreet tp tidak ada panggilan dan saya pun pennasaran dengan mengirim email berselang 2jam saya terima sms untuk interview di bank di daerah pd indah,hari ini saya akan akan datang untuk interview,

  15. gw baru kena tipu, atas nama prusahaan perkebunan (As** Agr** L**) AAL. Hati2 agan sekalian, modusnya kita suruh kirim sjumlah uang untuk pemesanan tiket, kena sjuta 200 gw, tapi gpp biar ja gw niatin solawatan untuk mayat2 hidup itu. , ni skrang gw dpanggil ma Harum Agro Group, Alias Company Confi apalah tu namanya. gw bingung harus gmana.

    1. Iya mas, modus kayak gitu lagi marak sekarang, teman saya juga baru kena tipu dengan modus persis seperti penjelasan mas itu. Saran saya, waspadalah dengan company confidential, ketika dirasa ada yang mencurigakan atau kerasa gak pas, ya udah tinggalin aja.

    2. Saya ad pengalaman d harum agro mas, kebunnya letaknya d jambi, saya cuma 1 bulan d sana, gx sesuai antara yg d kantor pusat ama d lapangan,,, waktu saya d sana blum ad pekerjanya. Smua serba minim…

  16. menurut ekeh situs kaya JS itu membantu,soalnya ekeh banyak panggilan dari situ,,cuma belom rejekinya aja kali untuk di terima,tapi soal panggilan banyak,belom yg di tolak dan ekeh gak dateng.. cuma saran ekeh jangan sembarangan buat apply.. sdikit think smart..liat nama PT.nya(search dulu di gogle kalo perlu) liat kriteria jobdesc ( kalo mencurigakan udh kebaca kok ada yg janggal ) jangan ngandelin apply aja,,kalo kuota apply udh abis ya email,kalo ekeh abis apply pasti email juga,,karna email sama aja kaya kita ngirim langsung lamarannya..yah pasti detail aja,kalo yg belom di panggil belom rejeki mungkin sabar aja๐Ÿ™‚ karna situs kaya JS itu yg ngelamar gak cuma 1 atau 2 orang,tapi puluhan,ratusan bahkan ribuan…

    Regard !!

  17. 1 lagi,,kalo ada perusahaan yg minta duit dalam berbagai macam alasan..Langsung aja Langkah Seribu !!๐Ÿ˜„

  18. Saya jg apply d jobstreet dan bberapa kali dpt panggilan dr sana ketimbang sering ikut job fair tp belum pernah dpat panggilan. Sampai curiga kalo beberapa jobfair hanya dijadikan bisnis pihak tertentu.

  19. sekedar share..saya jg apply di jobstreet yg company confidential mgkn akhir bulan lalu..dan udh dapet email dr company confidential bwt interview tgl 25nov13 di jkt. Di email tsb menuliskan dr SO**HI GRUOP RECRUITMENT, shipyard company.

    1. Fandy_saran saya, untuk tindakan preventive aja, kalau misal kamu kurang yakin, bisa langsung hubungi hrd perusahaan tersebut baik fia email ataupun tlp untuk konfirmasi lowongan yang ditawarkan,๐Ÿ™‚

  20. mas broo.. trus kelanjutannya bagaimana tuh??? apakah di panggil???? ohh iya kalo dia cantumin po box nya. berarti perusahaannya bener ada dong?

  21. Gw baru saja dipanggil interview oleh perusahaan company confidential di Medan bergerak di bidang konstruksi.. pertama gw juga ragu 50:50, tp gw hari ini udah ditest..
    Company confidential bukan tipuan. Smoga membantu keraguan teman2

Leave a Reply

