Mengejar Matahari

Batam morning sky
di atas loteng di suatu pagi @Batam

A person is a success if they get up in the morning and gets to bed at night and in between does what he wants to do” (Bob Dylan)

Kata-kata Si Bob diatas itu yang tidak sengaja saya temukan waktu browsing, membuat saya kepingin menulis tentang bangganya saya bisa bangun pagi (lagi). Dari dulu sebenarnya sudah bisa bangun pagi (untuk sholat subuh) tapi setelah itu tidur lagi dan bangunnya pasti diatas jam 8! Maklum anak kuliah, malemnya pasti pada begadang ngerjain tugas (katanya sih begitu) tapi seringnya sih begadang gak jelas, ngobrol ngalor-ngidul gak tau arah! Oleh karenanya, saya BANGGA bisa bangun pagi (lagi). Tapi yang ini beneran, habis bangun, sholat subuh, mandi trus brangkat KERJA!!!! Yah, paling tidak motivasi untuk berangkat kerja ini bisa membuat saya bangun antara jam 4- 4.30an. KEREN cuy!

Yang lebih membanggakan dari “sekedar” bagun pagi demi tuntutan kerjaan adalah beberapa “alasan lain” perlunya bangun pagi. “alasan lain” itu diantaranya:

#1. Bangun pagi itu sehat.

Kenapa sehat? Banyak alasan tak terbantahka dari hal ini. Beberapa diantaranya mulai dari kualitas udara pagi yang baik dan segar, memungkinkan kita bisa sarapan karena tidak tergesa-gesa harus beraktifitas, bisa olahraga pagi, tidak harus stress memikirkan akan terlambat kerja/sekolah, dan masih banyak lagi. Dan perlu ditambahkan untuk kasus saya, bangun pagi berarti BAB lancar!πŸ™‚

#2. Bangun pagi itu berarti saya punya watu lebih panjang dari 24 jam dalam sehari.

Saat saya mulai terbiasa bangun pagi, rasanya saya memiliki waktu lebih banyak untuk menjalani hari ketimbang sebelum rutinitas ini saya lakukan. Rasanya bangun pagi memberi efek “memanjangkan” waktu, memang ini mustahil tapi memang begitulah rasanya. Atau lebih tepatya karena waktu yang kita miliki lebih efektif dan efisien saat kita bisa bangun lebih pagi dari orang lain.

#3. Bangun pagi itu berarti Enjoy Sunrise!

Rasanya tidak akan pernah puas saya menikmati momen matahari terbit, apalagi saat langit cerah, WAW… its amazing!πŸ˜€

#4. Bangun pagi itu berarti… masih banyak lagi, dan tidak usah saya ceritakan. Kalau mau tahu, mulailah rutinitas bangun pagi, jangan sekedar bangun dan tidur lagi, tapi benar-benar “Bangun Pagi!”

Pingin bangun pagi? ini caranya:

  • Pertama harus ada NIAT dulu, dan niat itu akan ada kalau kamu punya alasan kuat kenapa kamu perlu bangun pagi (di kasus saya, saya tidak mau telat ngantor).
  • Kedua, TIDUR lebih AWAL! Jangan biasakan berangkat tidur di atas jam 11 malam, karena bila begitu caranya kamu tidak akan pernah bisa bangun pagi!
  • Ketiga, Setting ALARM GANDA! Agar bisa bangun jam 4.30, maka saya setting alarm saya untuk berbunyi mulai pukul 4.00, lalu 4.15 dan lalu 4.30. Dengan cara ini maka kebiasaan mematikan alarm lalu tidur lagi tidak akan mempan.
  • Keempat, setelah bangun, MINUMLAH segelas AIR PUTIH. Ini akan mengurangi rasa kantuk dan akan menahan kita agar tidak lagi kembali meloncat ke pulau kapuk!
  • Kelima, Pergilah ke Loteng atau kemanapun agar bisa melihat Matahari Terbit.
  • Kelima, kamu tinggal membiasakan saja bangun pagi, dan… akhirnya kamu akan merasa jadi orang yang sangat beruntung karena bisa bangun pagi.πŸ™‚

Kata Bang Oma Irama,

“Begadang jangan begadang,… karena bangun pagi itu lebih baik dari begadang, karena begadang itu tiada artinya”…

2 thoughts on “Mengejar Matahari

Leave a Reply

