Say No to Cigarette!

Waspada bahaya laten korupsi! Slogan ini sering sekali saya temui. Berupa stiker, spanduk,pamflet, dll. Laten, dalam kamus bahasa Indonesia berarti tersembunyi; terpendam; tidak kelihatan (tetapi mempunyai potensi untuk muncul). Korupsi itu potensinya perusaknya terpendam dan tidak kelihatan…

Sekarang bandingkan dengan rokok. Potensi perusaknya dengan jelas dan gamblang terlihat. Potensi berkembangnya terkesan dibiarkan. Malahan, rokok adalah “kejahatan” yang dianggap wajar. Kita dapat melihat orang merokok dengan santai ditempat umum, disamping ibu-ibu hamil, bahkan disebelah anak kecil!? Kelakuan seperti ini dianggap wajar… Pak SBY… saya prihatiin…

Andi Rizal Bocah Perokok dari Sumatera Selatan

Saya patut bersyukur atas jauhnya saya dari pengaruh rokok. Walaupun saya dikepung dengan para perokok, saya patut bangga tidak terseret kedalamnya. Tidak ada satu orangpun lelaki di keluarga saya yang bukan perokok. Kakek, Paman, Sepupu, Kakak, bahkan Ayah saya adalah perokok.

Saya tidak bisa serta merta menyalahkan mereka para perokok, karena rokok adalah tanggung jawab kita bersama. Tapi, sayas setidaknya patut menyalahkan pemerintah. Karena mereka yang punya wewenang, wewenang untuk melindungi masyarakat dari bahaya rokok. Tapi mereka mengacuhkan amanah itu. Para pembuat undang-undang ini gagal, karena sampai saat ini iklan rokok masih berjaya di setiap sudut ruang publik!

Bagaimana kalu di setiap iklan rokok, diselipkan pesan-pesan bahayanya juga seperti yang ada di contoh gambar ini?

Alasan klasik seperti, “rokok ini menyangkut hajat hidup orang banyak, banyak keluarga yang bergantung kepada pendapatan hasil rokok”, atau “rokok adalah penyumbang devisa penting bagi negara”, bagi saya ini adalah nonsense! bullsh*t semua… kita negara kaya, apa yang terkandung di bumi dan laut kita adalah buktinya! Sebuah kekayaan yang membuat iri semua bangsa di dunia! Lalu kenapa harus bergantung pada tembakau? Nonsense!

Agar kamu bisa mengerti dan yakin bahwa bahaya rokok ini dibiarkan mengakar di negara kita tercinta Indonesia, cobalah untuk melihat video dibawah ini.

Pak SBY… saya sekali lagi PRIHATIN! video semacam ini dibuat oleh media/orang asing… mereka tidaklah lebih tau dari kita soal “kasus” rokok di Indonesia… tapi setidaknya mereka lebih peka terhadap sosial kemausiaan.

2 thoughts on “Say No to Cigarette!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s