Kegagalan di Bukit Jalil

@Stadion Bukit Jalil, KL, Malaysia
@Stadion Bukit Jalil, KL, Malaysia

Demi Timnas Indonesia!

Walau Timnas acak-acakan, walau terjadi percekcokan atas keberadaan PSSI yang resmi, walau sepakbola ternodai oleh kepentingan politik, Timnas harus tetap didukung! Karena ini menyangkut harga diri bangsa. Ciee, sok nasionalis ya? hahaha

Itulah alasan untuk kedua kalinya saya menuju Kuala Lumpur. Disini saya tidak akan mengulas pertandingan ataupun dunia sepakbola di Indonesia, sudah banyak yang mereview itu. Sayang sekali dalam gelaran Piala AFF 2012 kali ini harus tersingkir di fase group.😦

Postingan ini akan lebih menceritakan perjalanan saya untuk mendukung timnas dari Batam ke Singapura lalu lanjut ke Bukit Jalil di KL. Semoga ini bisa jadi referensi bagi yang berkeinginan melancong ke KL, terutama yang menggunakan jalur darat berupa Bus dari Singapura ke KL.Sabtu, 1 Desember 2012, rombongan pendukung Timnas kami berangkat pagi-pagi sekali dari Pelabuhan di Batam. Berbekal pengalaman dari beberapa orang di rombongan yang pernah ke KL (termasuk saya), kami berharap jam 8 malam tepat, saat kick off babak pertama dimulai, kami sudah nangkring manis di Bukit Jalil.

Berikut adalah perencanaan perjalanan yang kami anggap sudah sangat “matang”:

Rute dan Waktu perjalanan

Bagus banget kan planningnya? Mulai dari naik apa, sampai jam berapa, berapa harga tiket, alternatif transportasi hingga pilihan hotel sudah disiapkan. Saya pikir ini akan lancar, begitulah pada mulanya. Sampai akhirnya kami temui beberapa kendala.

Catatan: (M) disini berarti Malaysia dan (S) berarti Singapura

  1. Rombongan yang terlalu banyak (20 orang) menyulitkan untuk koordinasi dan pergerakan, ditambah lagi ternyata ada yang mengajak serta anaknya yang masih balita… hahaha, orang tua yang baik -____-“
  2. Kami berangkat hari sabtu (pagi), dengan kata lain weekend! Arti weekend adalah keramaian, dan begitu halnya yang terjadi di penyebrangan dan imigrasi Singapura ke Johor (negara bagian Malaysia yang berbatasan langsung dengan Singapura).
  3. Andai tiket bus dari Singapura (Golden Mile Complex/Harbour Front) ke Kuala Lumpur (Terminal Bersepadu Selatan) dipesan lebih awal maka kami tak perlu repot-repot ke terminal Larkin di Johor.
  4. Perjalanan berganti-ganti moda, mulai dari Hatbour Front (S) – Woodsland (S) – Larkin (M) – Termilal Bersepadu Selatan/KL (M) lebih memakan waktu daripada dari Golden Mile Comlex (S) – KL (M). Walaupun harga terpaut sekitar 10 SGD.

Tapi yang terpenting sampai juga ke tujuan akhir, Stadion Bukit Jalil Malaysia! Walau dengan keterlambatan, kami baru sampai saat pertandingan sudah di menit ke 50 dan Timnas tertinggal 0-2! Walau begitu, kami masuk stadion bisa gratisan! perlu dicatat nih, GRATISAN! eits, bukan dengan lompat pagar, tapi dibukakan pintu oleh petugas… mungkin mereka pikir, “ah…. sudahlah biarkan mereka masuk, toh sudah kalah 0-2″…. -___-“, save 30 RM!

Sebagai penutup postingan ini, ada beberapa selingan kegiatan salah fokus kami selama di Malaysia! Saat sebagian besar dari rombongan langsung pulang ke Batam, kami malah keliling KL! itulah asiknya anti-mainstream! hahaha.😀

@Twin Tower, Petronas Tower, KL
@Twin Tower, Petronas Tower, KL

Secara umum, sambutan mereka (Malaysia) pada kami pendukung Indonesia cukup baik, tapi tetap masih ada cemoohan sepanjang perjalanan kami pulang dari stadion. Kami anggap saja itu sebagai bagian dari fanatisme mereka pada timnas sepakbolanya. Sekarang kami tantang kalian untuk datang ke Gelora Bung Karno! Beranikah kalian?🙂

Terakhir ada catatan gak penting yang mungkin berguna bagi kalian yang ingin ke KL lewat Singapura menggunakan bus. Ada cara lain yaitu menggunakan kereta dari woodsland, selengkapnya bisa dibaca di sini.

  • Pesanlah tiket bus ke KL dari Golden Mile Complex/Harbour Front/Kranji/Woodsland terlebih dahulu, melalui pemesanan tiket online. Ini sangat berguna bagi yang tak ingin repot antri dan kehabisan tiket, atau bersusah payah ribut dengan calo tiket di Larkin.
  • Bila ingin murah, jalur Woodsland-Larkin-KL adalah pilihannya. Tapi sebagai saran saja, belilah tiket bus di counter tiket resmi di terminal Larkin. Karena harganya pasti lebih murah ketimbang melalui calo!
  • Termilal Larkin di Johor tak lebih baik dari terminal sekelas Purabaya (Bungurasih) Surabaya. Calo tiket dimana-mana, kotor dan sangat kacau.
Terminal Larkin, Johor, Malaysia
Terminal Larkin, Johor, Malaysia. Pict taken from thestar.com
  • Termial Bersepadu Selatan (KL) sudah sangat modern, mirip-mirip terminal di Singapura. Sekelas Bandara kalau disini… hahaha.
Terminal Bersepadu Selatan, KL, Malaysia
Terminal Bersepadu Selatan, KL, Malaysia. Pict taken from malaysiafanclub.com
  • Terminal MRT Bandar tasik selatan, tempat dimana kami akan menuju bukit jalil ternyata letaknya bersebelahan dengan Bandar Tasik Selatan, tinggal menyeberang jalan saja.
Terminal Bersepadu Selatan dan Bandar Tasik Selatan
Terminal Bersepadu Selatan dan Bandar Tasik Selatan. Pict taken from nurulchumel.blogspot.com
  • Dari Larkin (M) ke Woodsland (S) atau rute sebaliknya, menggunakan bus, hanya perlu membayar sekali saja. Bila kita berangkat dari Larkin kita bayar dengan ringgit skitar 1 RM-an, dan bila dari Woodsland kita pakai dollar singapura, sekitar 1 SGD.
  • Bila ada pertanyaan seputar rute dari Singapura ke KL, silahkan saja ya… dengan senang hati saya siap bantu,🙂

Memang, perjalanan tanpa kendala itu mustahil! Dan menurut saya, (setelah beberapa kali melancong dan nyasar), ketika perjalanan itu berkendala, justru disitulah kedewasaan kita diuji. Kalau berhasih lolos dengan baik, maka kepuasan travelling kita berlipat ganda, dan nantinya pasti perjalanan itu akan jadi suatu cerita menarik.🙂

Salam Traveller, Bravo Timnas Indonesia!🙂

“Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahi dan jangan pernah takut  melangkah, hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya” (Soe Hok Gie)

2 thoughts on “Kegagalan di Bukit Jalil

  1. Wah seru tuh..btw aq rencana mau ke KL dri singapura..lebih enak mana ya? Naik bus apa kereta? Lebih murah mana?…klo pesawat kmarin ku liat airasia singapore-KL cuma 39 SGD…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s