My First Summit – Gunung Lawu (Mount Lawu) 3265 mdpl

Jalan ke puncak Hargo Dumilah, Puncak tertinggi Gunung Lawu, 3265 mdpl
Jalan ke puncak Hargo Dumilah

My first Summit… 26 Desember 2012, Hargo Dumilah, puncak tertinggi G. Lawu, 3265 mdpl

Lelah karena 16 jam perjalanan Jakarta – Jogja, 9 Jam persiapan di Jogja-Solo-Tawangmangu, dan lebih dari 7 jam pendakian rasanya terobati ketika mencapai puncak eksotis Gunung Lawu. Sejuknya udara di puncak menghapus ketagangan di sekujur kaki yang mulai kelelahan menapak, serta pundak yang meronta oleh beban logistik dan perlengkapan. Walau tak tidur semalaman, pemandangan puncak gunung ini benar-benar membuat saya melupakan rasa kantuk.

Jam 12 malam, 25 Desember 2012 kami memulai pendakian G. lawu. Setelah melakukan registrasi di pintu masuk pendakian, Cemoro Sewu. Pendakian malam ini berani kami lakukan karena sudah ada diantara kami yang pernah mendaki G. Lawu. Karena rute pendakian dari Cemoro Sewu ini jelas kelihatan, yaitu melewati jalan batu yang sudah tersusun rapi sehingga tidak ada kekhawatiran untuk tersasar. Beda halnya bila melalui rute Cemoro Kandang.

persiapan mendaki di depan pintu masuk cemoro kandang
persiapan mendaki di depan pintu masuk Cemoro sewu

Karena hampir sebagian dari 10 orang rombongan kami adalah pendaki pemula dan bahkan baru pertama kali mendaki (saya), maka sepanjang rute pendakian harus sering berhenti untuk istirahat. Tapi tak apa, dengan begitu kami bisa menikmati indahnya bintang di langit. Beruntung hari itu cuaca sedang cerah. Bagi mereka yang tinggal di kota besar, langit berbintang adalah suatu kelangkaan. Saya merasakan itu 6 tahun belakangan ini.

Sebenarnya kami berharap sampai di puncak sebelum matahari terbit, tapi sepertinya itu terhalang kemampuan fisik,😦. Mentari sudah terbit saat kami mendaki ke pos 4.

Fajar di Gunung Lawu
Pemandangan dari dekat pos 4 Pendakian Gunung Lawu
mulai terik
Gak kelihatan capek sepertinya (diambil sesaat sebelum pos 4)
rute pendakian yang sudah sangat rapi :)
rute pendakian yang sudah sangat rapiπŸ™‚

Sampai di pos 5, sudah mulai terang. Kini saatnya mencari sang legenda bunga abadi, Edelweiss.

Bunga abadi, Edelweiss
Edelweiss di Puncak Lawu

Dari pos 5, puncak sudah sangat dekat, tapi sebelum keatas, kami mampir dulu di warung bintang 5, warung tertinggi di pulau Jawa. Itulah sebutan untuk warung nasi mbok Yem.πŸ™‚

Perempuan yang sudah memasuki usia senja ini bertahan dengan warungnya di Puncak Lawu. Warung itu adalah oase penolong para pendaki yang kehabisan logistik. Rumahnyapun bisa jadi tempat berteduh bagi mereka yang kekurangan tenda.

Warung Mbok Yem

Warung ini istimewa sekali, letaknya di Puncak Gunung, baru kali ini saya temui. Saya belum bisa membayangkan kuatnya fisik Mbok Yem. Dia hanya turun beberapa kali saja dalam sebulan bila dagangannya habis. Biasanya suaminya yang naik turun gunung untuk mengantar logistik.

Hari itu kami beruntung karena masih kebagian sisa dagangan terakhir Mbok Yem. Sorenya dia harus turun gunung. Dan kami menyaksikan sendiri kecepatannya saat turun. Rombongan saya hanya melongo saja disalip oleh Mbok Yem. Teman saya bilang, ” memang sakti Mbok Yem ini…”, hahaha. Sayang sekali saya tidak berfoto bareng Mbok Yem,😦

sarapan dulu coy! :)
sarapan dulu coy!πŸ™‚ (ini bukan foto saya, karena saya yang memotretnya..hahaha)

Setelah istirahat dan sarapan di warung Mbok Yem akhirnya kami mencapai tugu Hargo Dumilah, puncak tertinggi Gunung Lawu.πŸ™‚

Hargo Dumilah, Puncak Lawu, 3265 mdpl

Salam Traveller,

Saya adalah korban first summit, membuat saya ketagihan untuk mencobanya lagi,πŸ™‚