Tanjung Aan 12

Journey To The East (PART 1: Explore Lombok)

Kapal Halma Jaya

Dari sudut kapal Halma Jaya saya sempatkan menulis catatan perjalanan ini. Terombang-ambing ombak menuju daratan.

Puncak gunung, pantai, air terjun, terumbu karang, padang rumput, ikan-ikan badut, suku-suku pedalaman, ombak, awan berarak, matahari terbenam. Semua itu sungguh luar biasa, dan semuanya saya dapatkan di saat terbaik mereka, di journey to the east part of Indonesia, Nusa Tenggara.

Mungkin ini perjalanan terpanjang saya selama ini. Bosan, itu mungkin yang membuat saya berpikiran untuk memulai petualangan. Waktu yang setiap hari saya habiskan di depan layar monitor kantor rasanya sungguh membosankan. Jadi, ransel yang sekian lama teronggok di pojokan itu akhirnya saya isi penuh dengan segala perlengkapan untuk perjalanan melintas kepulauan Indonesia timur selama kurang lebih 2 minggu! Lama? gak sama sekali, kurang lama! hahaha

Mungkin ini serba mendadak. Dari itinerary yang kurang detail, teman seperjalanan yang belum jelas, hingga tiket pesawat dan tempat tujuan yang masih mengambang. Tapi inilah yang seru dari sebuah perjalanan, atau setidaknya begitulah keyakinan saya. Semoga tidak berantakan… amin,🙂

Semuanya berawal dari sebuah tiket promo mendadak dari sebuah maskapai penerbangan. Apa yang bisa kamu lakukan dengan sebuah tiket promo? kalau saya, book segera, cepat-cepat ngajuin cuti, siapkan itinerary dan kumpulkan teman-teman yang sekiranya bisa diajakin. Berawal dari Senai International Airport Johor Baru, Malaysia, sebuah penerbangan dini hari, yang mengharuskan saya sudah berada di bandara sejak pukul 5 pagi, my journey to the east are started! 5 orang berhasil kami kumpulkan untuk trip ini. 4 orang lokal dengan domisili yang saling terpencar, Batam, Jakarta dan Singapura, serta 1 orang teman warga negara Malaysia. Ini udah mirp Power Ranger, 3 cowok dan 2 cewek! hahaha

Day 1

Lombok International Airport

Kami berlima samapai di Bandara Internasional Lombok sekitar pukul 9 pagi tanggal 2 Agustus 2014, dan akan kembali lagi kesini di 14 Agustus dengan tiket pulang yang sudah di-secure-kan, semua aman. Tinggal gimana caranya kembali ke Lombok tepat waktu saja nanti. Setelah selesai mengurus bagasi, mobil travel pesanan saya ternyata sudah siap menunggu di bandara, OK saatnya explore Lombok!

Tujuan pertama adalah Gunung Rinjani. Gunung tertinggi di Nusa Tenggara, sekaligus gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia, 3726 MDPL. Hanya terpaut 79 m tingginya dibanding gunung api tertinggi, Kerinci.

Sebelum Rinjani, kami sempatkan mampir ke tanjung Aan dan kampung sasak Lambitan. Tanjung Aan adalah yang paling berkesan, mungkin ini pantai paling indah yang pernah saya kunjungi. Mungkin hanya dikalahkan oleh pantai pink di gugusan kepulauan komodo. Saat paling tepat untuk datang ke pantai ini adalah pada waktu festival Bau Nyale. Festival ini merupakan acara pesta rakyat untuk mengenang kisah Putri Mandalika yang digelar tiap tahun. Sayang sekali kami datang tidak bertepatan dengan itu.

This slideshow requires JavaScript.

Puas main di pantai, panas dan kering gini tentunya yang dicari adalah ice cream. Dan kami mendapat rekomendasi tempat menikmati es krim paling pewe di Lombok (katanya). Ini sebenarnya adalah sebuah restoran di atas bukit dengan view ke bibir pantai selatan Lombok. Amazing!

Setelah (belum) puas, seharian muter-muter di Lombok selatan dan tengah, kami segera menuju ke arah utara. Malam harinya kami sampai di desa Sembalun. Dari situ pendakian Rinjani kami mulai. Malam ini saya tidur di rumah porter kami, pak Suketi. Keesokan harinya Alhamdulillah cuaca cerah, it’s a perfect time to reach the summit, Dewi Anjani please welcome us to your palace.🙂

Oiya, di jalan kami sempat ketemu arak-arakan rombongan nikahan. Walaupun bikin jalan macet, tapi kami beruntung bisa dapat tontonan langka ini,🙂

This slideshow requires JavaScript.

Day 2 ~ Day 4

4 Agustus pagi hari, kami menjejakan kaki di singgasana dewi Anjani, Puncak Rinjani, 3726 mDPL. Luar Biasa! Pendakian Rinjani ini sekaligus jadi gunung ke 5 bagi saya, lebih lengkapnya bisa dibaca di sini: My Fifth Summit

My Team

Puncak tertinggi telah di raih, kini saat menjelajahi lautan, tapi sebelum itu, kita hilangkan kerinduan akan makanan enak, Ayam Taliwang here I come!

Day 5

6 Agustus malam hari, kami sampai di  Senggigi, Sonya Homestay, 50 ribu/orang. 1 kamar diisi 2 orang. Numpang mandi, tidur dan sarapan. Punggung saya benar-benar menikmati sensasi kasur empuk, karena selama 4 hari di gununga hanya tidur dengan beralas matras. Rambut juga sudah mirip keset sabut kelapa, perlu direndam air sabun. Dan sarapan pagi itu rasanya nikmat sekali meski hanya pancake pisang dan nanas beberapa potong.

Day 6

7 Agustus, pagi hari, perjalanan di lanjutkan! Sayangnya 3 orang dari rombongan saya harus terpisah. 1 orang kembali ke Jakarta, 2 orang lagi meneruskan trip ke gili trawangan. Mereka memilih berpisah karena gagal mendapatkan cuti panjangnya. Saya memilih trip yang lebih panjang, dan lebih seru tentunya!🙂

Sebagai salam perpisahan dengan rombongan ini, kami melipir sejenak ke Bukit Malimbu. Siang hari memang bukan waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat yang katanya punya view sunset terbaik di Lombok ini. Tapi, siangpun toh punya keindahan tersendiri… panas sih tapi,😦

This slideshow requires JavaScript.

Dari Sengggigi, saya menuju ke Labuan Lombok di Lombok Timur. 4 jam perjalanan kami tempuh. Disana Halma Jaya sudah menunggu saya untuk berlayar ke Labuan Bajo di Flores! Journey to the east yang sebenarnya dimulai dari sini!

DCIM100GOPRO

Matur tampiasih, Lombok…

To be continuePART 2 – Sailing Trip to Labuan Bajo

3 thoughts on “Journey To The East (PART 1: Explore Lombok)